Saturday, April 30, 2011

Galau Putri Calon Arang


Galau Putri Calon Arang (Seri Nada Baru Dongeng Klasik)Galau Putri Calon Arang by Femmy Syahrani, Yulyana

Paperback, 184 pages
Published 2005 by Gramedia Pustaka Utama
ISBN 9792214798

Buku ini adalah cerita Calon Arang versi Femmy Syahrani. Versi yang lain adalah karangan Pramoedya Ananta Toer, Cok Sawitri, dan Toeti Heraty. Apa yang menarik dari kisah Calon Arang ini? Bagi sebagian besar orang, kisah ini bercerita cukup simpel, yaitu peperangan yang diakhiri dengan kematian Calon Arang akibat perbuatannya membuat penyakit di Dusun Girah dan rakyat Kerajaan Kahuripan.

Saya mencoba membuat analisis sederhana tokoh-tokoh cerita Calon Arang ini berdasarkan buku Femmy.
1. Calon Arang: Seorang perempuan yang memiliki ilmu tinggi di Desa Girah, ia ibu Raja Airlangga dan Ratna Manggali. Ia pindah ke Bali karena perang, dan kembali ke Kahuripan dan tinggal bersama pengikutnya.
2. Ratna Manggali: Anak perempuan Calon Arang, usianya 25 tahun, cantik, mendambakan seorang laki-laki untuk menjadi suaminya. Ia dituduh memiliki ilmu teluh seperti ibunya, Calon Arang.

Monday, April 25, 2011

Larasati


LarasatiLarasati by Pramoedya Ananta Toer
My rating: 4 of 5 stars

Paperback, 180 pages Published 2003 by Lentera Dipantara (first published 2000) ISBN 9799731291 (ISBN13: 9789799731296).
Cover buku ini menarik. Warna cerah oranye dengan dengan covergirl seorang perempuan seperti wajah di Majalah Anita Cemerlang. Novel ini ditulis dalam suasana awal kemerdekaan Republik Indonesia, sekitar Tahun 1950. Pada masa itu, sedang masa peralihan antara kemerdekaan RI yang seutuhnya dan agresi militer Belanda yang masih tidak rela kehilangan Indonesia sebagai jajahan terbesarnya.

Instablitas politik dan keamanan menjadi isu penting. Tidak menjadi soal bagaimana para pemimpin negara bekerja sama untuk menggapai Indonesia yang utuh. Ini sebuah cerita dari segelintir jutaan rakyat Indonesia, yang mengabdikan dirinya pada sebuah kata: REVOLUSI. Revolusi adalah sebuah istilah yang digunakan oleh Soekarno untuk mencerahkan rakyat Indonesia dari kolonialisme dan feodalisme yang baru saja berakhir sengatnya. Ia mencita-citakan suatu perubahan pikiran dan tindakan yang bebas dari penindasan dan tekanan. Karakter inferior pada bangsa terjajah diubah dengan perubahan pemikiran, perubahan tingkah laku yang bersandar pada kekuatan Bangsa Indonesia sendiri. Pram, sebagai salah seorang yang mendukung Revolusioner, menggunakan kalimat-kalimat yang memompa semangat kaum muda Indonesia saat itu, untuk berubah, berubah cara pandang dan tingkah laku.

Saturday, April 23, 2011

Kisah-kisah Tengah Malam


Kisah-kisah Tengah Malam
by Edgar Allan Poe, Maggie Tiojakin (Translator)
Softcover, 245 pages
Published December 28th 2010 by Gramedia Pustaka Utama (first published January 1st 2001)
ISBN139789792265378

Rasa takut apakah dibuat? apakah rasa takut itu hanya ada dalam pikiran? bagaimana jika rasa takutmu sudah pada puncak tertinggi? apakah takutmu akan sirna setelah maut menjelang?

Berikut pada buku ini adalah cerita pendek yang bertemakan horror dan misteri yang dikumpulkan secara terpilih. Sepertinya, untuk menambah kesan seram, dipilih angka 13 untuk jumlah cerpen yang dimuat. Sebenarnya ada banyak cerpen karangan Poe yang sudah siap dibaca secara online, dari sebuah web Online Literatur dot com terdapat 51 cerita pendek serta 60 puisi yang dimuat di Web. 13 diantaranya telah diterjemahkan kedalam buku ini, yaitu:

Tangan Untuk Utik


Tangan Untuk Utik
by Bamby Cahyadi
Hardcover, Pertama, 133 pages
Published October 10th 2009 by Koekoesan (first published 2009)
ISBN 9789791443

Dari 13 cerpen Bamby yang ada dalam buku ini, saya terkesan pada satu judul yang turut menjadi cover buku ini, yaitu Tangan untuk Utik.
Bagi saya, cerpen ini membuat saya memaknai kembali akan satu anggota tubuh yang memiliki fungsi yang tidak kalah penting.

Kembali pada satu pertanyaan yang sangat mendasar, yaitu apa yang membedakan manusia dari binatang? ternyata selain pikiran dan perasaan, perbedaan secara fisik adalah manusia memiliki tangan. Jadi, bersyukurlah kita karena tangan yang masih lengkap masih terpasang baik di tubuh kita.

Laki-Laki Beraroma Rempah-Rempah


Laki-Laki Beraroma Rempah-Rempah
by Tina K
Paperback, 262 pages
Published 2009 by Kutubuku Sampurna
ISBN139786029501218

Cover yang didominasi warna merah. Dengan coverboy gambar animasi (intinya bukan asli) seorang pria tempo dulu. Tempo dulu maksudnya, cover boy zaman-zaman jadul. Hehehe..

Saya baru tahu nama Tina K, setelah ia memberikan kata pengantar di kumpulan cerpen-nya Kurnia Efendi, Burung Kolibri Merah Dadu. Dari isi kata pengantarnya, saya berkesimpulan awal bahwa ia dan Kurnia Efendi adalah penulis seangkatan, dan tentunya ada kemiripan karakter menulis mereka.

(hampir) tidak meleset simpulan saya. Buku yang berisi 18 cerpen ini, memang menceritakan kehidupan cinta, ya..lagi-lagi tema ini. Namun ada yang menarik. Semua cerpennya bersudut pandang pada seorang perempuan.

Burung Kolibri Merah Dadu


Burung Kolibri Merah Dadu
by Kurnia Effendi
Paperback, 260 pages
Published 2008 by C Publishing (first published 2007)

Saya baru tahu kalau pengarang buku ini adalah penulis yang terkenal pada masanya majalah Anita Cemerlang, Gadis, dan majalah remaja lainnya di tahun 1980-an.

Ternyata setelah melihat profil beliau dan beberapa karangannya, ternyata saya memiliki buku "Kincir Api" yang belum saya baca sama sekali. Dan sayangnya, buku itu ada di Medan sekarang.

Tanah Tabu


Tanah Tabu
by Anindita S. Thayf
Paperback, 237 pages
Published May 2009 by PT Gramedia Pustaka Utama
ISBN 9792245677 (ISBN13: 9789792245677)

Sebuah Novel yang memperkaya khasanah pengetahuan kita tentang Tanah Papua. Ketamakan akan harta berujung pada kesengsaraan. Namun, kesengsaraan tidak hanya milik yang tamak itu, tetapi juga orang yang ada di sekitarnya.

Berangkat dari studi yang dilakukan oleh Anin selama dua tahun, lahirlah novel yang bertemakan perjuangan akan kejujuran dan melawan kebodohan dan kemiskinan di tanah yang kaya raya alamnya, Papua.

Kitchen


Kitchen
by Banana Yoshimoto, Dewi Anggraeni (Translator)
Paperback, 204 pages
Published April 29th 2009 by KPG (Kepustakaan Populer Gramedia) (first published 1988)
ISBN139789799101730
original titleキッチン
literary awardsNihon University Department of Arts Prize (1986), Kaien magazine New Writer Prize (1987)

Novel karya Banana Yoshimoto terdiri dari dua judul, Kitchen dan Moonlight Shadow. Secara umum, cerita tentang sepasang anak muda yang ditinggal orang terdekat, dan berusaha bangkit dari bayang-bayang kesepian dan rasa kehilangan itu.

Sunday, April 17, 2011

Rahasia Selma


Rahasia Selma
by Linda Christanty
Softcover, 121 pages
Published May 2010 by Gramedia Pustaka Utama (first published April 2010)
ISBN13: 9789792256567

Linda menampilkan tema kemanusiaan tanpa menyerahkan sastra ke bawah telapak kaki penindasan pesan (sutardji Calzoum Bachri)

Realisme Linda mencekam, justru karena antididaktik (Nirwan Dewanto)

ketakutan yang dialami seorang serdadu Indonesia dalam Kuda Terbang Mario Pinto dengan cemerlang menggoyahkan pemahamannya tentang konflik bersenjata dan maskulinitas (Sandra Thibodeaux)

dalam cerita-cerita Linda, terbayangkan perkembangan cerita pendek Indonesia di masa datang (Sapardi Djoko Damono)

Saya tertarik dengan cover buku ini, yaitu sepasang kaki yang dibalut dengan kaus kaki hijau mengenakan sepatu sandal berwarna hitam. KOntras dengan background yang berwarna kuning. Mungkin berhubungan dengan kesukaan Linda yang warna-warna cerah.

Garis Perempuan


Garis Perempuan
by Sanie B. Kuncoro
Paperback, 375 pages
Published January 2010 by Bentang Pustaka
ISBN13: 9789791227728
Perempuan dengan segala keunikannya memiliki segala sesuatu yang sepertinya tidak habis-habisnya untuk dipelajari dan dibahas. Pujangga-pujangga ternama pun tidak melewatkan sifat wanita dalam karya sastra mereka.

Novel ini bercerita tentang persahabatan empat orang perempuan yang bernama Ranting, Gendhing, Tawangsri, dan Zhang Mey. Mereka bersahabat sejak usia anak-anak. Permainan favorit yang mereka senangi adalah main pasar-pasaran. Mereka berempat melakukan persiapan untuk permainan pasar-pasaran. Antara lain menyiapkan kereweng (dari bekas pecahan genting) untuk dijadikan uang-uangan. Selain itu mereka mengumpulakn bunga-buga sepert bunga kenanga, bunga bougenvil, dan bunga melati sebagai barang dagangan dalam pasar-pasaran mereka. Dalam cerita pada bab awal ini disebutkan bahwa yang berperan menjadi pembeli adalah Ranting dan Gendhing, sedangkan Tawangsri dan Zhang Mey menjadi penjualnya. Namun, akhirnya banyak anak-anak lain yang datang. Ranting dan Gendhing akhirnya mengambil peran sebagai penjual. Dagangan mereka laku keras. Tumpukan kereweng menjadi buktinya.

The Unknown Errors of Our Lives


The Unknown Errors of Our Lives: Kesalahan-Kesalahan yang Tidak Diketahui dalam Hidup Kita
by Chitra Banerjee Divakaruni
illustrator: Satya Utama Jadi
Translator: Gita Yuliani K.
Paperback, 264 pages
Published February 2010 by PT. Gramedia Pustaka Utama (first published 2001)
ISBN13 9789792253689

Selama masih hidup di dunia fana ini, kita tidak akan luput dari kesalahan. Dari kesalahan yang dilakukan, terbagi menjadi kesalahan yang disadari maupun kesalahan yang tidak disadari. Orang bijak adalah orang yang belajar dari kesalahan.

Pernahkah anda memasuki suatu lingkungan baru yang sama sekali berbeda sekali manusia maupun sosialisasinya dengan lingkungan sebelumnya? Pernahkah merasakan dimana lingkungan baru tersebut begitu menyesak, sehingga setiap hari terasa lama dan itu membuatmu malas untuk bangun pagi, karena hari yang membosankan akan segera dimulai.

9 dari Nadira


9 dari Nadira
by Leila S. Chudori
Paperback, 270 pages
Published October 2009 by Kepustakaan Populer Gramedia
ISBN13: 9789799102096

Sebelum menulis review ini, saya melakukan jelajah jejak dari Leila S. Chudori di mesin pencari Google. Selama ini jejak seseorang di dunia maya tergantung setenar apa dia, karya apa yang dibuat, dan juga seberapa banyak orang lain menulis tentang dia. Beruntung, review tentang kumpulan cerpen 9 dari Nadira ini cukup banyak tersedia di dunia maya, banyak orang seolah "tidak mau ketinggalan" meresensi bukunya ini, termasuk saya.

Friday, April 15, 2011

The Tale of Despereaux


The Tale of Despereaux
Pengarang : Kate Di Camillo
Ilustrator : Timothy Basul Ering
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
ISBN : 979 - 22 - 1184 - 5
280 hlm ; 20 cm
Cetakan II ; Maret 2005

Buku ini saya beli karena covernya mencuri perhatian saya di toko buku. Lama sudah nongkrong di rak buku, akhirnya saya baca karena pingin bacaan yang lebih ringan dan bisa lekas diselesaikan.

Apa yang dikatakan oleh Anthony de Mello, SJ bahwa orang dapat menolak nasihat, tetapi tidak bisa menolak cerita, itu terbukti. Cerita tentang kastil dan kehidupannya. Tentang tikus kastil, keluarga dan komunitas tikus kastil, Raja Philip dan keluarganya, komunitas tikus got, serta sipir dan tahanan bawah tanah kastil Raja Philip. Cerita ini sarat dengan nilai. Setiap tokoh mempunyai karakter yang unik. Mari kita lihat satu-satu.

Thursday, April 14, 2011

Mayor Jantje: Cerita Tuan Tanah Batavia Abad Ke-19


Mayor Jantje: Cerita Tuan Tanah Batavia Abad Ke-19
by Johan Fabricius
Paperback, 188 pages
Published February 2008 by Masup Jakarta (first published 1979)
ISBN 9793731230


Mayor Jantje. Itulah gelarnya. Nama aslinya adalah Augustin Michele, sementara Mbok Sita-pembantu yang sudah tinggal lama bersamanya- dan budak-budaknya memanggilnya Sinto Sten. Perjalanan sang tuan tanah sekaligus pemimpin pasukan kaum Papang ini menjadi menarik, karena ia adalah pencetus kesenian daerah betawi. Kecintaannya pada pesta dan musik membuat banyak orang senang, sekaligus mencibir. Senang datang dari teman-temannya yang diundangnya untuk menginap di Villa Citrap, sedangkan yang mencibir datang dari Mbok Sita, pembantunya, dan dari Agraphina, putrinya.

Palestina Milik Siapa


Palestina Milik Siapa
Penulis: Gary M. Burge
Paperback, 338 pages
Penerbit PT BPK GUNUNG MULIA 2010
ISBN  139789796877003


Akhirnya selesai..Mungkin sepertinya perlu membaca buku ini sekali lagi, agar saya bisa mendapat ilmu dan pemandangan yang lebih objektif. Setahu saya, sangat sedikit literatur yang ditulis oleh orang Indonesia sendiri mengenai konflik Timur Tengah, lebih tepatnya Israel-Palestina. Dua judul buku karangan Bapak Trias Kuncahyono yang sudah saya punya, yaitu Jerusalem dan Jalur Gaza setidaknya membuka sedikit mata saya dengan apa yang terjadi di belahan bumi sana dari sisi seorang wartawan.

Buku ini karangan Gary M Burger, seorang guru besar Perjanjian Baru di Wheaton College & Graduate School. Latar belakang pendidikan cukup beragam. Secara berurutan dari mulai bachelor, ia lulusan Ilmu Politik, Studi Teologi, dan New Testament (Perjanjian Baru). Merujuk pada daftar artikel maupun buku yang dibuatnya, terlihat bahwa ia sangat concern pada kehidupan di Timur Tengah. Ia menginginkan muridnya supaya mewarisi pemahaman akan abad-abad pertama Palestina untuk memahami Injil. Berikut lebih lengkap kutipannya yang dipaste dari web Wheaton College.

Medan Merdeka-Jantung Ibukota RI


Medan Merdeka-Jantung Ibukota RI
Penyusun: Adolf Heuken, SJ
Penerbit: Yayasan Cipta Loka Caraka (2008)
Buku ini diterbitkan dengan dukungan Hanns Seidel Foundation Jakarta.

Memori-memori tertentu tetap tinggal dalam ingatan. Itu semua bersifat pribadi dan menjadi simbol-simbol yang tidak dapat terhapus sehingga dapat membantu kita untuk memahami apa yang terjadidi masa lalu. Masing-masing kita hidup dengan sebuah arsip berisikan memori-memori tertentu. Kadang kala, kita menarik kembali wilayah itu, menyusun kembali berbagai percakapan dan masa-masa kritis, membuatnya terlihat hidup sehingga sepertinya itu semua baru saja terjadi kemarin. Dengan kata lain, kekuatan memori itu tetap terasa ada bersama kita.
(Gary M Burge dalam "Palestina Milik Siapa")

Banyak berjalan, banyak dilihat. Begitu kata pepatah. Rasanya tidak lengkap kalau ke Jakarta, tidak melalui kawasan ini. Sebab tempat inilah yang menjadi saksi bisu pasang surutnya pergolakan melawan penjajah, hingga merdeka, hingga saat ini.

Wednesday, April 13, 2011

Cut Nyak Din: Kisah Ratu Perang Aceh


Cut Nyak Din: Kisah Ratu Perang Aceh
Madelon H. Szekely-Lulofs
14x21 cm, 256 pages
Published July 1st 2010 by Komunitas Bambu (first published 1948)
ISBN: 9793731818

Apa yang teringat di benak kita bila ditanyakan tentang Aceh? barangkali langsung terlontar "Serambi Mekah" atau salah satu Daerah Istimewa disamping Yogykarta. Namun, sebuah jawaban yang memilukan muncul dari seorang warga Aceh, "Dulu DOM, lalu GAM, lalu Darurat Militer, lalu Darurat Sipil, dan sekarang tsunami. Itulah nasib kami, orang Aceh." (Sekelumit Tentang Aceh: Danny I. Yatim. 2004).

Selanjutnya, jika ditanyakan, siapakah itu Cut Nyak Din? Dengan berbekal pelajaran sejarah di sekolah dulu kita akan menjawab, Pahlawan dari Aceh bersama Teuku Umar, seraya mengingat-ingat foto beliau yang terpampang di dinding kelas.

Utusan Damai di Kemelut Perang



Utusan Damai di Kemelut Perang
Penulis : Uli Kozok
ISBN : 978-979-461-776-2
Dimensi : 14 x 21 cm
Jenis Cover : soft cover
Berat Buku : 210
Jenis Kertas : Book Paper
219 halaman
Harga Rp50.000,-

Masih dalam rangkaian membaca bersama tentang Sumatra, buku ini saya beli ketika acara bedah buku Sumatra Tempo Doeloe yang diselenggarakan di Kantor Berita Antara. Membaca kata pengantar buku ini cukup menarik, sebab buku ini diterbitkan, ternyata sudah dilakukan seminar di Universitas Negeri Medan tentang kesahihan bukti-bukti yang diungkap oleh Uli Kozok. Salah satu yang mempertanyakan keaslian naskah yang menjadi bukti Kozok adalah Profesor Bungaran Simanjuntak, namun Kozok berhasil mendapatkan arsip itu dan menjadi lampiran buku ini.

Buku ini menjadi menarik karena mengungkap kembali yang selama ini terhilang dalam pelajaran sejarah tentang awal mula masuknya Kristen di tanah batak. Jan S Aritonang telah menulis disertasi yang berjudul THE ENCOUNTER OF THE BATAK PEOPLE WITH RHEINISCHE MISSIONS-GESELLSCHAFT IN THE FIELD OF EDUCATION (1861-1940) di Universiteit Utrecht. Disertasi ini mengkritisi bagaimana tujuan evangelisasi dan teologi yang dilakukan oleh Badan Zending pada masa itu di tanah batak, namun belum membuka dokumen surat menyurat misionaris yang bertugas di tanah batak.

Sumatera Tempo Doeloe: Dari Marco Polo sampai Tan Malaka



Judul Asli: Witnesses to Sumatra: A Travellers' Anthology
Penyusun: Anthony Reid
Penyunting: Dewi Anggraeni
ISBN13: 9789793731940
xxiv+ 424 hlm
Penerbit: Komunitas Bambu, 2010

Buku ini merupakan kumpulan tulisan dari orang-orang yang pernah tinggal di Sumatra. Berbagai laporan, kesan serta kenangan ditulis sebagai warisan yang berharga bagi kita. Ditulis oleh 39 orang dengan latar belakang yang berbeda-beda. Penulis terbanyak berasal dari Inggris, yaitu 11 orang. Posisi kedua terbanyak yang berasal dari Portugis dan Belanda masing-masing 5 orang. Posisi ketiga berasal dari Amerika dan Italia, masing-masing 3 orang. Dan dari dalam negeri sendiri, tulisan Tan Malaka serta Muhammad Radjab turut memperkaya kupasan tentang Deli pada awal abad 20. Profesi para penulis ini bermacam-macam. Yang paling banyak adalah sebagai pedagang. Profesi lainnya adalah sebagai wartawan, arkeolog, misionaris, masinis kapal, seniman, pegawai VOC, pegawai EIC, wakil gubernur, pembuat layar kapal, pelancong, ahli bedah, sejarawan, utusan Raja,petualang, penulis, dan sebagainya.

Periode penulisan catatan ini juga berbeda-beda. Tulisan paling awal adalah Sulayman, seorang pedagang Arab yang menceritakan tentang Kerajaan Sriwijaya pada Tahun 851. Periode Abad 13-14 ditulis oleh Marco Polo dan Ibn. Batutta. Abad ke 15 ditulis oleh 5 orang. Abad 17 ditulis 10 orang. Abad 18 oleh 3 orang, abad 19 oleh 10 orang, serta periode abad 20 ditulis oleh 8 orang.

To Kill a Mockingbird



Paperback, Gold Edition, 536 pages
Published October 2010 (first published 1960)

Penerbit Qanita (Mizan Group)

"..Mockingbird menyanyikan musik untuk kita nikmati, hanya itulah yang mereka lakukan. Mereka tidak memakan tanaman di kebun orang, tidak bersarang di gudang jagung, mereka tidak melakukan apapun, kecuali menyanyi dengan tulus untuk kita. Karena itulah, membunuh mockingbird itu dosa." (Hlm 173).

Novel klasik yang sudah berusia 50 tahun sejak diterbitkan pertama kali pada tahun 1960. Kehidupan di kota kecil Maycomb County, Alabama memberikan gambaran yang jelas tentang kehidupan masyarakat pada saat itu. Dimana pengalaman masa lalu menjadi pelajaran berharga. Diceritakan dari sudut pandang seorang anak 6 tahun, Jean Louis atau Scout yang bermain bersama kakaknya Jeremy Finch dan sahabat musim panas mereka, Dill. Ayah mereka, Atticus Finch adalah seorang pengacara. Ibu mereka sudah meninggal, namun ada Calpurnia yang mengasuh mereka.

Tuesday, April 12, 2011

Korupsi



ISBN: 978-979-024-073-5
Halaman: 236Bookpaper
Ukuran: 13 x 20,5 cm
Terbit: November 2010
Penerbit: Serambi

Pengarang: Tahar Ben Jeloun


Korupsi bukan istilah baru bagi kita. Di belahan dunia manapun tidak bebbas dari korupsi. Hanya tingkat nya tinggi, sedang, ringan, atau bebas korupsi. Buku ini seolah cerminan negara kita, sama-sama negara berkembang, sama sama bekas jajahan negara Eropa. Tapi ada yang berbeda. Mereka dipimpin oleh raja yang pintar. Sebelum kita mengenal tokoh-tokoh maupun cerita dalam buku ini, mari kita intip sekilas data-data tentang Maroko.