Saturday, May 28, 2011

Iblis Dan Miss Prym (The Devil and Miss Prym)


Iblis Dan Miss Prym (The Devil and Miss Prym)
Pengarang: Paulo Coelho
Ilustrator: Dina Chandra
Penerjemah: Rosi L. Simamora
Tebal: 256 halaman
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama 2005
ISBN: 9792216073

Terbujuk perkataan ular, Hawa memakan buah terlarang itu dan memberikannya juga kepada Adam. Sejak saat itu, keseimbangan Taman Firdaus rusak, Adam dan Hawa dikutuk dan diusir dari sana. Meski begitu, ada beberapa ucapan Tuhan Allah yang membingungkan dan menegaskan perkataan ular:"Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu yang Baik dan yang Jahat..."

Desa Viscos. Sebuah desa tradisional, yang masih mempertahankan tradisinya di tengah gempuran mesin-mesin modern pertanian dan peternakan, dimana menjadi daerah kunjungan ketika musim ski. Orang-orang muda tidak tertarik dengan Desa Viscos. "Sembilan bulan musim dingin, tiga bulan neraka." Istilah itu menggambarkan bahwa setiap tahun, hanya ada waktu 90 hari untuk menyelesaikan pekerjaan di ladang, memberi pupuk, menebar benih, menunggu, lalu memanen, menyimpan jerami, dan mencukur bulu domba mereka. Demikian siklus di desa yang berpenghuni tidak lebih dari 300 orang tersebut.

Meski desa itu kecil, hanya dikendalikan 6 orang. Wanita pemilik hotel yang bertanggung jawab akan kesejahteraan para turis; pastor yang bertanggung jawab memelihara jiwa-jiwa; kepala desa yang bertanggung jawab atas peraturan berburu; istri kepala desa yang bertanggung jawab atas kepala desa dan keputusan-keputusannya; si pandai besi yang membuat peralatan berburu dan rumah tangga; serta tuan tanah yang menolak membuat taman bermain anak-anak. Ia lebih suka jika di Viscos dibangun rumah mewah.

Wednesday, May 25, 2011

Pejabat Pernikahan (The Wedding Officer)


Pejabat Pernikahan (The Wedding Officer)
Pengarang : Anthony Capella,
Ilustrator: Satya Utama Jadi
Penerjemah: Gita Yuliani
Tebal : 568 pages
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama (2008)

Sembari membaca novel ini (sekitar Juni 2009), saya berkenalan dengan seorang tentara yang sudah berdinas lama di kesatuan TNI. Niatnya yang memang benar-benar kepingin masuk tentara, dibuktikannya dengan mengikuti seleksi masuk menjadi tentara sampai enam kali! Baginya, menjadi tentara adalah keinginan terbesarnya dari kecil. Ia sangat mensyukurinya, dari tamtama hingga perwira, ia sangat menikmati profesi sebagai tentara.

Ketika profesi menjadi sesuatu yang menyenangkan, tentu tidak sulit menjalaninya. Hari-hari terasa lebih memenuhi hobi dibandingkan memenuhi panggilan tugas. Kapten James Gould, seorang perwira Inggris, ditugasi sebagai Pejabat Pernikahan di Naples, Itali. Ia menggantikan Jackson, pejabat sebelumnya, yang dipindahkan ke tempat lain. sebenarnya, kemampuan akan bahasalah yang membuat ia diterima di Field Security Service, yaitu korps intelijen pasukan sekutu yang sedang bertugas di Italia. Kemudian ia mendalami bahasa Italia, dan akhirnya ia ditempatkan disana. Sebagai perwira intelijen, ia membuat laporan-laporan atas informasi yang diterimanya. Atasannya, Mayor Heathcote sangat mengandalkannya. Karena kemampuan bahasa Italianya sangat bagus dibanding lainnya, ia ditugasi sebagai pejabat pernikahan (Wedding Officer).

Tuesday, May 17, 2011

Utsukushisa To Kanashimi To (Keindahan dan Kesedihan)


Keindahan dan Kesedihan (Beauty and Sadness)
Judul Asli: 美しさと哀しみと Utsukushisa to Kanashimi to
Pengarang: Yasunari Kawabata
Tebal: 253 halaman
Penerbit: Jalasutra, September 2003
ISBN 9793684097

Novel ini pertama kali diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia oleh Asrul Sani pada Tahun 1980. Utsukushisa To Kanashimi To merupakan novel terakhir karya Yasunari Kawabata sebelum ia ditemukan tewas karena bunuh diri pada Tahun 1972. Novel ini juga telah diangkat ke layar lebar dengan judul With Beauty and Sadness (1965).

Novel ini berpusat pada tokoh utama Oki Toshio yang memiliki kenangan cinta masa lalu pada seorang perempuan, Ueno Otoko. Namun, dari cinta masa lalu tersebut, seorang perempuan muda, Keiko, menjadi saksi hidup betapa cinta dan kebencian hanya beda setipis.

Kawabata terkenal dalam membuat karya yang sedih. Selain itu, ia dianggap berkontribusi terhadap pengenalan budaya klasik Jepang yang disampaikannya lewat novel-novelnya. Seperti pada kisah di novel ini, menceritakan sebuah kisah cinta yang teramat sedih. Novel ini terdiri dari 9 bab, Tokoh-tokoh novel yaitu sebagai berikut.

Wednesday, May 11, 2011

The Great Gatsby


The Great Gatsby
by F. Scott Fitzgerald, Sri Noor Verawaty (Translator), M. Sidik Nugraha
Paperback, 288 pages
Published October 2010 by Serambi (first published January 1st 1925)
ISBN13: 9789790241923

Manusia dengan segala kerumitan berpikirnya tetap menjadi pelajaran menarik bagi manusia generasi selanjutnya. Sejujurnya, cerita di buku ini sepertinya tidak rumit. yang rumit itu adalah perasaan-perasaan yang terlibat pada pelaku-pelaku dalam novel ini. Novel ini berlatar di awal tahun 1920-an, dimana baru saja selesai Perang Dunia I. Mungkin hampir sama dengan di Indonesia, keadaan awal setelah perang kemerdekaan berakhir, ditandai dengan munculnya orang-orang kaya baru. Di Deli, contohnya, orang kaya bermunculan karena merampas kebun tembakau yang tadinya milik kompeni.

Friday, May 6, 2011

Globuckisasi


Penulis: Rahayu Kusasi
Paperback, 147 pages
Published July 2010 by Kepik Ungu
ISBN13: 9786029576603

Buku ini ditulis dari sudut padang antropologi, dimana kebudayaan Amerika yang dihadirkan lewat sebuah toko kopi yang bernama Starbuck. Rahayu mengistilahkan dengan Otoetnografi, adalah sebuah cara yang mampu merekam proses-proses globalisasi dalam bentuk yang hidup, menyehari, dan bergerak (h.41). Penelitian yang dilakukan Rahayu merupakan upaya untuk memahami bentuk kebudayan asing yang datang dari Amerika dalam interaksinya dengannya (penulis) sebagai warga Indonesia (h.40).

Yang terbayang di benak kita bila mendengar kata globalisasi adalah perdagangan bebas, saluran informasi dan komunikasi yang menjangkau seluruh dunia, masuk produk-produk asing. Sederhananya, jika kita makan KFC atau McDonald, memakai sabun Lux, menggunakan televisi Sony, memotret dengan Canon EOS, tukar-menukar pin Blackberry, mengenakan sepatu Nike, itu adalah dampak globalisasi.