Friday, September 30, 2011

Fun Master 18


Judul Lengkap: Jurus Fun Master yang Akan Mengubah Hidup Anda
Penulis: Soegeanto Tan
Penerbit: Elexmedia Komputindo
Tebal: v + 326 halaman

Kita perlu berterima kasih pada perusahaan manufaktur yang telah memperkenalkan konsep Total Quality Management (TQM) pada dunia. TQM berarti adalah suatu teknik atau tools untuk melakukan perubahan/inovasi terus menerus. Terlebih lagi filosofi TQM yang terkenal di dunia diadopsi dari negeri sakura, Jepang. Sebut saja sistem Kanban, suatu sistem untuk mencapai Just in Time, suatu cara untuk melihat bagaimana suatu barang bekerja pada saat yang tepat. Inti dari semua perubahan tersebut ditujukan untuk meningkatkan value perusahaan.

Di perusahaan manufaktur Jepang, kanzhen chouwa adalah istilah yang dipegang oleh Sony, Toyota, Honda, dan sebagainya. Arti kanzen chouwa itu sendiri adalah perubahan terus menerus. Perubahan tersebut tidak akan berjalan dengan sendirinya tanpa dilandasi dorongan untuk berpikir dan belajar terus-menerus secara disiplin n. Soeganto Tan, menurunkan konsep perubahan secara terus menerus tersebut dengan nama 18 jurus dari 6 level FUN MASTER.

Monday, September 12, 2011

Meraba Indonesia: Ekspedisi "Gila" Keliling Nusantara


Judul: Meraba Indonesia: Ekspedisi "Gila" Keliling Nusantara
Penulis: Ahmad Yunus
Penyunting: Muhammad Husnil
Fotografer: Farid Gaban dan Ahmad Yunus
Pewajah Isi: Siti Qomariyah
Penerbit: PT Serambi Ilmu Semesta, Juli 2011
Tebal: 370 hlm
ISBN: 9789790242852

Sejauh apakah pengetahuan Anda tentang Indonesia? Apakah sejauh hafalan sejumlah 33 provinsi dan 497 kabupaten/kota? Tahukah Anda apa ibukota Kabupaten Lebak? tahukah Anda dimana itu Kabupaten Kepulauan Anambas? Anda bisa tahu semua hafalan-hafalan itu tapi belum tentu pernah mengerti bagaimana Indonesia dipandang dari sana.

Buku ini merupakan catatan perjalanan Ahmad Yunus dan Farid Gaban dalam ekspedisi Zamrud Khatulistiwa. Perjalanan mereka di bawah koordinasi Yayasan Zamrud Khatulistiwa yang memiliki visi Mengajak masyarakat Indonesia, khususnya kaum muda, untuk menjelajahi, mengkaji serta merekam khasanah alam, sosial dan budaya Kepulauan Nusantara. Penjelajahan Indonesia dimulai dari Tahun 2009 dengan menggunakan kendaraan sepeda motor Honda Win yang dimodifikasi. Mereka berdua gemar bertualang, suka naik gunung, suka berenang dan menyelam di laut, serta profesi mereka sama: wartawan.