BBI 1 St Giveaway Hop

Jumat, April 13, 2012


Dalam rangka memperingati hari ulang Tahun BBI (Blogger Buku Indonesia) yang jatuh pada hari ini ( 13 April 2012) 3 blogger buku yang tergabung dalam BBI yaitu Fanda, Oky, dan Maya mengagas Giveaway Hop. Sebagai kepedulian BBI-ers pada karya-karya lokal maka buku2 yg dijadikan giveaway adalah buku-buku karya penulis lokal.

Blog Buku Helvry turut merayakan ulangtahun BBI tersebut dengan memberikan giveaway berupa buku karangan penulis Indonesia. Sehubungan dengan Bulan April ini adalah bulan lahirnya RA Kartini (21 April), maka Blog Buku Helvry akan memberikan kebebasan kepada pemenang giveaway ini untuk memilih buku yang dipilihnya dengan syarat buku tersebut harus penulis perempuan dan maksimal harga buku tersebut sebesar Rp70.000.

Asyik bukan?

Nah berikut akan saya tampilkan beberapa resensi saya dari penulis perempuan Indonesia:
1.  9 dari Nadira (Leila S. Chudori)
2.  Cerita Segelas Kopi (Melanie Subono)
3.  Galau Putri Calon Arang (Femmy Syahrani)
4.  Garis Perempuan (Sanie B. Kuncoro)
5.  Laki-Laki Beraroma Rempah-Rempah (Tina K)
6.  Laki-laki yang Salah (Lan Fang)
7.  Para Pemuja Matahari (Lutfi Retno Wahyudyanti)
8.  Rahasia Bulan: Kumpulan Cerita Pendek (Clara Ng dkk)
9.  Rahasia Selma (Linda Christanty)
10. Rumah Coklat (Sitta Karina) 
11. Saman (Ayu Utami)
12. Tanah Tabu (Anindita S. Thayf)
13. Tea For Two (Clara Ng)

Untuk mengikuti giveaway versi Blog Buku Helvry harus memenuhi persyaratan berikut:
  1. Terbuka untuk seluruh pengunjung yang berdomisili di seluruh Indonesia.
  2. Peserta harus memfollow blog ini dengan Google Friend Connect dan/atau memasukkan link blog buku helvry ke blogroll-nya
  3. Membaca salah satu atau lebih 13 resensi di atas dan meninggalkan komentar atas isi resensi tersebut atau atas penulisnya.
  4. Menjawab pertanyaan sebagai berikut: "Sebagai pembaca atau orang awam, hal apa yang Anda lakukan untuk meningkatkan minat membaca dan menulis bagi masyarakat Indonesia?" Jawaban pertanyaan tersebut dapat dituliskan melalui komentar di bawah postingan ini.
  5. Giveaway berakhir pada 26 April 2012 pukul. 23:59
  6. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 27 April 2012 pukul 09.00 
Selain itu bersama para Blogger Buku yang lain, juga melakukan giveaway serupa di blog mereka, silakan berkunjung ke link berikut:

    Terimakasih sudah berpartisipasi mengikuti acara ini.




    HelvrySinaga
    twitter: @helvrySINAGA 
    YM     : helvrysin
    Gtalk  : helvry
    Skype  : shinaga21 

    You Might Also Like

    46 komentar

    1. meningkatkan minat baca/tulis di indonesia: dengan selalu bawa buku ke mana-mana, rajin mereview dan mengupdate blog, selalu share buku yg habis dibaca ke orang-orang terdekat, memanfaatkan socmed seperti FB dan twitter untuk promosi buku2 bagus =)

      thanks ya giveawaynya! aku sudah follow lewat Google (astrid lim) dan sudah ditaro di link blogku juga (perpuskecil.wordpress.com). dan udah ninggalin komen di Rumah Coklat juga =)

      BalasHapus
    2. sebagai orang awam, saya ceritakan buku2 yg telah saya baca kepada teman2, baik secara lisan maupun tulisan (lewat media sosial atau blog) dengan harapan teman2 tergelitik ingin membaca buku itu juga :n

      BalasHapus
    3. salah satu cara meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia adalah dengan berbagi buku lewat giveaway :)

      BalasHapus
    4. Salah satu cara saya meningkatkan minat baca adalah dengan menceritakan buku2 yg saya baca, seringnya sih secara lisan. Trus gak ragu2 meminjamkan buku kalo ada yg tertarik dan kalo perlu ampe ngasih. Yg penting mereka baca aja buku yg saya beri.

      Thanks buat giveawaynya. Udah saya komen di Galau Putri Calon Arang dan udah follow GFCnya juga.

      BalasHapus
    5. Aku punya album Khusus di FB namanya #ProyekPustakaMini isinya buku-buku apa aja yang aku punya. Tiap kali ngepost berharap teman2 jadi tertarik juga buat baca bukunya. Biasanya ada aja teman yang tanya Chi, bukunya gmn? Bagus gak :)

      BalasHapus
    6. Langkah sederhana yg selama ini sudah aku lakuin yaitu terus update blog buku dan dengan begitu rasanya cukup untuk menarik bibit pecinta buku supaya lebih mencintai kegiatan membaca :D

      Terus, tiap bulan aku ngadain giveaway buat orang beruntung mendapatkan buku gratisnya, hehe. Baru itu aja sih.. semoga ke depannya bisa lebih berkontribusi lagi, amin :D

      PS: uda follow dan dimasukkan dalam blogroll lho :D

      BalasHapus
    7. Biasanya saya menyebarkan 'bibit' membaca dengan membaca buku di saat waktu luang. Kadang waktu nunggu kereta di stasiun, waktu perjalanan di kereta (soalnya pulang pergi kuliah naik kereta).
      Sering juga membaca di kelas sambil nunggu dosen datang, kadang-kadang teman yg tertarik terus ikut minjem buku. Selain itu karena Di rumah kakak ipar ada perpustakaan kecil, saya sering mengirimkan buku-buku yg lebih bermanfaat di sana daripada teronggok ga kebaca di lemari saya.
      Bisa juga dari mereview dan pinjam-meminjam buku. makin variatif dan makin luas pengetahuan akan buku baru :)

      BalasHapus
    8. saya adalah orang yang suka sekali buku, maka sbg pecinta buku saya jg senang sekali membagi kisah2 yang terdapat pd buku2 yg saya baca kpd keluarga dan teman2 saya, cara ini ckup brhasil, kakak2 dan teman2 saya skrg sdh sering menanyakan kpd saya buku2 ap saja yg bagus atau buku ap yg sedang saya baca skrg.
      kalau untk menulis, menurut saya itu tergantung bagamana org ny masing2, ad org yg tdk suka menulis, dan ad org yg suka menulis. jd menurut saya dalam menulis tdak boleh ad pemaksaan :a

      BalasHapus
    9. Dimulai dari teman2 dan keluarga,aku mengajak mereka membaca karya2 yang aku nilai bagus. Jika aku punya bukunya akan kupinjamkan. Untuk cakupan yang luas yaitu masyarakat Indonesia, salah satu caranya dengan blog buku Reading is My Blood *promosi* karena bisa diakses di seluruh Indonesia via google. Aku juga suka ngetweet kalimat/kata yang bagus dan menginspirasiku sehingga yang baca tweetku menjadi tertarik dan jadi pengen baca juga. Pengennya siy punya perpustakaan umum tapi hal tersebut masih menjadi mimpiku. Semoga suatu hari bisa terwujud.

      Mari kita sebarkan virus membaca dan menulis.

      Aku sudah komen disini : http://blogbukuhelvry.blogspot.com/2011/04/9-dari-nadira.html?showComment=1334306999193#c8618127800201796364

      BalasHapus
    10. Hi mas Helvry, thx atas sarannya wkt itu (^_^)
      Aq sdh add di GFC dan comment di Galau Putri Calon Arang ya.
      Ttg pertanyaan berikut, semenjak kecil aq berusaha 'menularkan' suka baca pada orang2 sekelilingku, wkt SD malah sempat buka persewaan buku jadi setiap weekend tas penuh sama buku-buku yang mau dipinjam, yang tdk bisa byr sewa barter pinjam dgn buku lain hehe.
      Sekarang kebetulan diberkati bisa buka online shop, kucoba sharing pada sesama penggemar buku dan mempengaruhi spy mau memperlebar wawasan, jadi yang biasa baca komik mau coba graphic novel yang bagus, yang suka novel romance dan chicklit mau coba drama yang lebih serius, sedikit demi sedikit mas, yang penting dijalankan setiap saat-setiap hari

      BalasHapus
    11. resensi udah ditinggalkan :D

      awalnya saya mengajak keluarga dulu dengan menunjukan buku-buku yang bagus dan akhirnya keluarga tertarik membaca.
      lalu mulai mengajak teman-teman dikampus untuk membaca dan kalau ada bazar buku dikampus aku selalu mengajak mereka dan untungnya mereka selalu tertarik ikut dan membeli bukunya ^^

      BalasHapus
    12. yang pasti, lebih sering menawarkan koleksi buku untuk dipinjamkan dan setelahnya minta komentar atas kesan mereka dengan buku yang dibaca :)

      BalasHapus
    13. keinginan menulis biasanya berkembang dari membaca. maka tingkatkan minat baca terlebih dahulu. cara yang menurutku paling mudah adalah dengan menulis resensi/review sebuah buku di media massa (baik elektronik maupun cetak), pengaruhi orang dengan menampilkan sisi baik (dan sisi pribadi) dari sebuah buku (yang sudah kita baca tentunya) :)

      BalasHapus
    14. Dengan saling berbagi buntelan, saling meminjamkan buku bacaan, saling mengajak gaul ke toko buku rame2, dan selalu bawa buku di tas kemanapun kita mau pergi biar orang2 pada sirik karena ga bisa ngisi waktu nunggunya sebagaimana kita hahaha

      BalasHapus
    15. Yang sudah aku lakukan bareng Melisa (BBI juga) adalah membangun Komunitas Baca Klasik, yang bertujuan memperkenalkan literatur2 klasik dunia.
      Udah komen di review juga ya! ^_^

      BalasHapus
    16. cara meningkatkan minat baca yaitu dengan membiasakan gemar membaca sejak kecil yaitu bisa saja dengan membaca majalah anak-anak sejak kecilnya. Sering mengunjungi perpustakaan sekolah. kalau misalnya lagi weekend sekali-kali mengunjungi gramedia walaupun tidak membeli buku kan bisa baca sinopsisnya dahulu, kalau ada teman yang punya bisa juga meminjam buku tersebut.

      BalasHapus
    17. Aku suka bukan hanya suka baca buku, baca apa saja suka bahkan lebih suka baca SMS daripada terima telpon :). Pergi kemana-mana diusahakan bawa buku, ditularkan juga ke anak-anak jadinya rumah penuh bukan sm pajangan tapi sama buku. Sering pinjam dan meminjamkan buku ke teman. Pernah mengelola perpustakaan dan banyak baca gratis di sana. Untuk menulis rasanya ketinggalan sih, sekarang disalurkan dengan ikut Bloger Buku bikin review dan belajar dari membaca review-review orang.
      Baca itu seru !

      *sdh komen di reviewnya ya :D

      BalasHapus
    18. kalau menurutku sih ya dengan membiasakan membaca buku sejak dini. Bukan hanya menyuruh tapi juga mencontohkan.
      Kalau menurut pengalamanku sendiri, semakin banyak membaca biasanya tergoda untuk menulis juga.
      Sekarang aku sedang belajar mendongeng, siapa tau yang mendengarkan dongeng atau ceritaku jadi tertarik mencari tau sendiri dengan membaca bukunya :)

      BalasHapus
    19. sudah melaksanakan rules-nya yaa :D
      resensi ditinggalkan di 7. Para Pemuja Matahari (Lutfi Retno Wahyudyanti)

      Cara nya? Sebenarnya saya sudah memprogram, Sehari Satu Buku. Entah itu buku apa, yang penting Membaca. Kenapa? Saya pernah membaca, Negara yang besar, Negara yang hebat, dan kuat, memiliki orang orang yang sering membaca dan menulis. Karena dua hal tsb adalah mutlak dimiliki sebagai skills dasar yang bisa membuat negara tersebut lebih berkembang. Semoga bermanfaat! :)

      BalasHapus
    20. Biasanya saya meminjamkan buku yg menurut saya bagus dan bisa diterima oleh orang itu. Diharapkan setelah membaca itu dan dia terkesan, maka minat baca ke buku lain juga meningkat. Atau minimal saya menceritakan satu buku yg berkesan, baik secara langsung atau melalui blog/social network. Sejauh ini sih ada yg berhasil ada yg tidak, tapi tetap patut diteruskan :)

      BalasHapus
    21. Untuk meningkatakan minat membaca: sering tawarkan buku kita untuk dipinjam,
      untuk meningkatkan minat menulis: ajak dengan wujud hadiah (lomba)

      BalasHapus
    22. Sebagai orang awam yang maniak buku. hal yang paling bisa saya lakukan adalah menulis resensi buku-buku yang bagus menurut saya. selain itu juga menawarkan buku-buku saya kepada teman-teman untuk dipinjam.

      BalasHapus
    23. Rajin bawa buku ke mana-mana, kadang-kadang temenku suka tanya, "buku apa tuh?" yah awalnya cuma tanya, tapi ada lah ketertarikan.

      BalasHapus
    24. "Sebagai pembaca atau orang awam, hal apa yang Anda lakukan untuk meningkatkan minat membaca dan menulis bagi masyarakat Indonesia?

      Kalau buat saya, dengan meningkatkan rasa suka saya akan buku menjadi rasa cinta. Sehingga saya bisa menebarkan virus cinta buku sama teman2 dan keluarga di sekeliling saya.
      1. Saya suka menceritakan kepada teman2 buku2 yang sudah dibaca, sehingga teman2 jadi tertarik buat membaca juga..
      2. Saya terkadang memberikan buku kepada teman2 sebagai hadiah.
      3. Membaca berbagai jenis variasi buku, jadi bisa ngasih rekomendasi buku yang sesuai dengan kesukaan teman. Kadang orang ga suka baca bukan karena tidak suka, tapi karena belum menemukan bacaan yang tepat buat dia. Nah, biar dia mau baca buku, pancing dengan buku2 yang cocok sama karakternya ;)
      4. Mengajak teman ke acara2 pameran buku, diskusi buku, toko buku,launching buku, dll.. Meskipun belum tertarik buat ikut, setidaknya mereka jadi tahu ada acara seperti itu.

      Kalau untuk menulis, budaya menulis akan tumbuh seiring dengan budaya membaca. :) Membuat blog menjadi salah satu upaya untuk menumbuhkan budaya menulis.

      BalasHapus
    25. kalau dari pengalamanku, biasanya aku meminjamkan buku yang kupunya, aku memberi kebebasan ke dia untuk memilih buku mana yang ingin mulai dibaca. kayak dulu aku sering bawa buku teenlit ke kampus trus berkembang ke romance dan fantasy, temen-temenku pun juga menyukainya bahkan mereka bisa berkembang sendiri (kadang beli buku sendiri), sesimple itu sih, meminjamkan buku :)
      kalau untuk meningkatkan menulis, itu tergantung dari minat seseorang, tapi biasanya orang yang suka membaca itu nggak sedikit yang jadi ketagihan menulis pula, jadi baca dan tulis itu hubungannya sangat erat.

      Udah komen di banyak post, biar bang Helvry sendiri yang menelusuri si peri hutan komen dimana aja :))

      BalasHapus
    26. Blogging tentang buku tentunya! Dan selain blogging aku juga sering minjemin timbunan bukuku yang berharga itu ke orang-orang yang memerlukan :D walaupun resikonya kadang2 bukuku gak balik! Huhuhu.

      Udah komen di review Tanah Tabu yaa!

      BalasHapus
    27. membaca itu bukanlah sesuatu yang bisa dipaksakan. belajar dari kasus menularkan minat baca ke adikku, pertama kita harus bisa memperlihatkan kalo membaca itu asyik. :o
      setelah itu tinggal tunggu mereka minta-minta bacaaan. :d

      btw, udah follow via GFC sama komen di review Galau Putri Calon Arang ya........

      BalasHapus
    28. "Sebagai pembaca atau orang awam, hal apa yang Anda lakukan untuk meningkatkan minat membaca dan menulis bagi masyarakat Indonesia?"

      Rajin2 menceritakan tentang isi dari buku yang pernah dibaca, baik secara lisan maupun tulisan (di blog, Goodreads, dllsb), dan tidak hanya tentang isi bukunya ajaa tapi juga kesan setelah (dan selama) baca buku itu :D Semoga saja mereka yang mendengar ataupun membaca "review" saya tentang buku itu menjadi tertarik untuk membacanya :D

      Cara lain tentunya dengan meminjamkan buku itu pada temen yang ingin membaca, walau untuk ini saya lebih selektif sih, melihat duluu apa dia tipe yang bisa dipercaya untuk tidak merusak buku yang dipinjamnya, ahahahaha ;p

      Udah meninggalkan jejak di "Tea For Two" - Clara Ng yaa :)

      BalasHapus
    29. sebenernya, aku pengen banget bikin perpustaan kecil di rumah yang bisa di baca oleh orang-orang sekampungku. tapi banyak kendala :(

      aku sudah meninggalkan jejak :)

      twitter @Ishavanisa

      BalasHapus
    30. Sebagai pembaca atau orang awam, hal yang aku lakukan untuk meningkatkan minat membaca dan menulis bagi masyarakat Indonesia adalah

      dengan sering memposting sinopsis dan resensi buku-buku di jejaring sosial, karena saat ini orang-orang lebih sering membuka jejaring sosial daripada buku. Dengan mempostingnya sedikit resensi dan sinopsis, orang-orang akan penasaran dan tertarik membaca bukunya.

      @dhamarkandella

      BalasHapus
    31. dengan memperbanyak membaca resensi buku dan menjadikan nya menarik sedemikian rula karena kerapian buku adalah dasar dari keindahan nilai isi buku tersebut :)

      sudah meninggalkan jejak di tea for two - clara ng

      BalasHapus
    32. untuk menumbuhkan minat baca dan menulis saya akan berusaha mereview buku yg menarik meneurut saya setelah membacanya

      sudah meninggalkan jejak di rumah cokelat nih

      BalasHapus
    33. sebagai orang awam, 'tuk meningkatkan minat baca/tulis saya memulainya dengan cara mengenalkan buku pada anak saya sejak dini, meski belum berusia 2 tahun, dan belum tahu baca/tulis, paling nggak dia sudah mulai tertarik melihat buku dan mencorat-coret walaupun buku2 saya, dinding, dll jd korban, :b

      BalasHapus
    34. karena saya adalah guru SD, Biasanya saya selalu membacakan buku bahasa inggris buat anak-anak. setelah mereka mulai tertarik dengan bacaan, saya membawa bacaan-bacaan yang se derhana dan menarik dari rumah. Seperti majalah bobo, novel-novel. mereka memilih buku yang mereka minati dan boleh dibawa pulang ke rumah. Saya meminta mereka menuliskan bacaan yang mereka baca di rumah sebisa mereka semampu mereka. mau 1 halaman atau lebih. kegiatan itu cukup membangkitkan minat belajar siswa.
      twitter: @NonFajar

      BalasHapus
    35. kalau ditanya tentang meningkatkan minat baca, satu satunya hal yang sudah dan selalu saya lakukan adalah, bercerita tentang sebuah buku. kadang agak berlebihan memang, tapi berusaha untuk membuat pendengar saya menjadi tertarik terhadap buku dimaksud.

      BalasHapus
    36. sukseskan program pemerintah buku berjalan,...
      buku yang nggak kepake kalo bisa jangan dijual apalagi dikiloin

      disumbangi aja...

      cahyonegoro@gmail.com/@cahyonegoro

      BalasHapus
    37. untuk meningkatkan minat baca dan menulis, dapat dilakukan dengan memfokuskan pada materi pelajaran bahasa Indonesia di sekolah atau perguruan tinggi lalu diadakan berbagai lomba (menulis resensi buku, menulis novel &cerpen dll) baik secara langsung maupun di dunia maya (Blog) agar bakat-bakat yg muncul mendapat penghargaan.

      FB: Rohmat Ismail
      rohmatttt_vck@yahoo.com

      BalasHapus
    38. untuk ningkatin minat baca tu sebenernya gag terlalu susah. waktu zaman smp aku berhasil bikin beberapa temen jadi kecanduan baca buku dengan nunjuin klo baca buku itu seru n banyak ilmu-ilmu tersembunyi yang dapat kita pelajari...

      btw udah comment di Tanah Tabu :)

      BalasHapus
    39. mencontoh mbak asma nadia, bikin rumah baca dimana mana.. diutamakan di daerah terpencil sehingga bukan cuma menularkan semangat baca, tapi juga membantu yang mau baca tapi gak ada dana untuk membeli buku..

      BalasHapus
    40. untuk meningkatkan minat baca sepertinya yang patut ditingkatkan adalah bagaimana pengemasan dari buku itu sendiri, seminar seminar dan 'kampanye' akan pentingnya membaca buku dan juga menulis patut digencarkan supaya ga kalah pamor dengan hobi untuk menonton sinetron :D

      btw sudah follow via GFC dan tinggalin jejak di Cerita Segelas Kopi :)

      fitriani.raspberry@gmail.com

      BalasHapus
    41. sebagai orang awam, bagian saya untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia dari hal kecil adalah memberikan hadiah buku kepada adik, teman, atau kakak yang berulang tahun (pastinya buku yang sesuai kira-kira karakter/kebutuhannya :)

      kalau meningkatkan minat nulis, saya tertarik untuk mengadakan lomba nulis di kampus saya dengan itu mengapresiasi karya mereka atau mengajak teman-teman membuat buku kecil. ketimbang memendam pemikiran, baiknya kita tuangkan dan bisa menjadi hal yang baik bagi pembacanya yang dituju....

      BalasHapus
    42. menurut pengalaman saya pribadi, motivasi terbesar bagi saya untuk membaca suatu buku muncul setelah saya telah membaca pendapat orang-orang tentang buku tersebut. Contohnya, ketika bang Helvry baru menceritakan buku barunya pada saya lewat percakapan ataupun melalui review bukunya, saya terpengaruh untuk membaca buku tersebut juga. Saya rasa ini cara terbaik yang juga kerap saya lakukan untuk memotivasi orang lain membaca, yaitu dengan menceritakan isi suatu buku kepadanya.

      BalasHapus
    43. Sebagai org awam, yg saya lakukan untuk meningkatkan minat baca orang lain/ masyarakat adalah dengan:
      -banyak menulis tentang buku dan hal-hal yg berhubungan dengan buku (review, kesan ttg buku, penulisnya, kutipan dr buku, toko buku saya suka dll apapun ttg buku)
      -sering menghadiahi keponakan atau anak-anak kecil dlm bentuk buku, tidak jarang org dewasa jg
      - saat ini sedang aktif membantu salah satu kegiatan literasi lokal di kota saya, bergabung dalam kepanitiaan pembukaan perpustakaannya, merancang berbagai kegiatan literasi yg intinya membuat masyarakat sekitar makin sering datang ke perpustakaan tsb dan menjadikan membaca sebagai kebutuhan dan hiburan.
      - last but not least, tentu dengan saya sendiri juga gemar dan rajin membaca buku, kemana2 hrs selalu membawa buku dan hal ini tanpa terlalu direncanakan ternyata menular ke beberapa org.

      Utk menumbuhkan minat menulis, belum banyak hal nyata yg dilakukan. yg saat ini sedang di depan mata adalah persiapan pembuatan klub bahasa (dan menulis) di perpustakaan lokal yg saya ceritakan di atas tadi. Mungkin sebagai blogger buku, kita juga telah tanpa sengaja menyebarkan virus menulis :)

      Btw, bang Helvry, thanks ya messagenya! Sdh tinggalkan jejak di Saman/ Ayu Utami dan Lan Fang.

      BalasHapus
    44. Udah ninggalin jejak bang di: http://blogbukuhelvry.blogspot.com/2012/03/rumah-coklat.html
      pendapat saya: karena saya adalah guru SD, Biasanya saya selalu membacakan buku bahasa inggris buat anak-anak. setelah mereka mulai tertarik dengan bacaan, saya membawa bacaan-bacaan yang se derhana dan menarik dari rumah. Seperti majalah bobo, novel-novel. mereka memilih buku yang mereka minati dan boleh dibawa pulang ke rumah. Saya meminta mereka menuliskan bacaan yang mereka baca di rumah sebisa mereka semampu mereka. mau 1 halaman atau lebih. kegiatan itu cukup membangkitkan minat belajar siswa.
      twitter: @NonFajar

      BalasHapus
    45. -saya sering mengadakan lomba2 kecil kepada murid-murid saya dengan hadiah buku.
      -saya membuka perpustakaan pribadi saya untuk orang2 yang mau pinjam buku saya (asal kembali).
      -saya suka menceritakan ulang buku yang saya baca, sya jg suka bercerita
      -saya meresensi buku2 di jam-jame.blogspot.com

      saya pengen banget novel karya penulis wanita yang berjudul "Rahasia Dua Hati" karya Muthmainnah :)

      email: jamjame73@yahoo.co.id

      BalasHapus

    46. 2. Cerita Segelas Kopi (Melanie Subono)
      seperti judulnya, novel ini enak dirasakan

      BalasHapus