Friday, May 11, 2012

Selamat Berjuang



Untuk apa kita hidup? Apa tujuan hidup kita? pertanyaan-pertanyaan seperti itu seringkali tidak menemukan jawaban ketika ditanyakan, namun ketika melalui perjalanan hidup itu sendiri, kita semakin menyadari bahwa hidup itu haruslah memiliki makna karena waktunya yang singkat. Dan bicara masalah hidup, adalah sebuah proses perjalanan dari kelahiran hingga kematian. Tidak ada yang tahu seberapa lama kita hidup. Tak peduli seberapa banyak masalah dan cobaan, kita harus berjuang untuk hidup. Dari kenyataan tersebut kita turut mengaminkan bahwa hidup adalah perjuangan. Perjuangan untuk tetap hidup. Perjuangan atas cita-cita, perjuangan melawan penyakit, perjuangan melawan ketidakadilan, perjuangan menaklukkan diri sendiri, dan perjuangan-perjuangan lainnya.

Kembali atas 33 tulisan mengenai perjuangan, saya menemukan banyak kisah yang menginspirasi serta memberi kekuatan untuk terus menjalani hidup yang keras ini. Dan pada akhirnya kita akan kembali pada Sang Pemberi Hidup.  Di situlah perhentian perjuangan kita.

Pak Tua yang Membaca Kisah Cinta


Judul: Pak Tua yang Membaca Kisah Cinta
Judul Asli: Un viejo que leía novelas de amor
Penulis: Luis Sepúlveda
Alih Bahasa: Ronny Agustinus
Penerbit: Marjin Kiri
Tahun terbit: 2006
Tebal: 116 hlm
ISBN: 9799998042

Antonio Jose Bolivar adalah protagonis novel ini. Ia seorang duda yang tinggal di sekitar sungai di hutan Amazon. Cekungan Amazon, bagian dari Amerika Selatan yang dialiri oleh Sungai Amazon beserta anak sungainya termasuk dari hutan hujan tropis Amazon, hutan hujan yang terbesar di dunia (seluas 1,4 milyar hektar) serta sungai Nangaritzer, sebuah sungai yang melintasi Colombia dan Peru. WWF melaporkan bahwa setiap tahun terjadi deforestasi kurang lebih 13,6 juta hektar hutan atau setara 36 lapangan bola setiap menit, dan 1,6 milyar orang kehidupannya bergantung secara langsung pada hutan.