Wednesday, October 31, 2012

Caldas (The Story of A Shipwrecked Sailor)



Buku ini dibuka dengan pengantar dari redaksi:
Bagaimana rasanya menjadi Pahlawan? Redaksi LKiS memberikan panduan: Ajukan pertanyaan ini kepada Gabriel Garcia Marquez dan ia akan menjawab melalui kisah Luis Alejandro Velasco, yang menjadi tokoh utama dalam novel ini. 

Ini adalah satu karya GGM yang nonfiksi. Dikenal sebagai master fiksi, GGM menulis kisah ini berdasarkan pengalaman pribadi dari seorang pelaut Kolombia, Luis Alejandro Velasco. GGM masih sebagai penulis muda di Koran El Espectador. Ketika menulis cerita ini.Buku berjudul asli The Story of a Shipwrecked Sailor ini dituliskan dalam bentuk cerita bersambung di harian El Espectador pada tahun 1955 dan dijadikan dalam bentuk buku pada tahun 1970.
Caldas
Judul Inggris: The Story of A Shipwrecked Sailor
Judul Spanyol: Relato de un náufrago
Penulis: Gabriel Garcia Marquez
Penerjemah: Rizadini
Editor: Retno Suffatni
Rancang sampul: Si Ong
Setting/layout: Santo
Penerbit: Pustaka Sastra LKis Yogyakarta
xvi+ 124 hlm

Tuesday, October 30, 2012

[Bukan Review] Like Book Blog 2


sumber: dari sini
Bila saya ditanya: Apa sih blog itu? sebenarnya saya juga tidak bisa menjawab dengan pasti, karena saya juga bingung pengertian blog itu apa dan sekarang saya sedang malas untuk mencarinya di google. Perkenalan saya dengan dunia bloging adalah ketika suka membaca postingan-postingan dari kakak kelas saya yang sekantor. Saya kagum dengan mereka yang dengan latar belakang bukan pendidikan jurnalis atau dunia tulis menulis, tetapi apik dalam menulis. Setelah itu saya merasa dunia tulis menulis serasa dekat tanpa perlu ada yang menjudge tulisan kita bagus atau tidak.

Sejak 2006, saya membuat akun di blogger.com, berhubung postingannya hancur-hancuran tidak akan saya berikan tautannya, kecuali jika Anda berkenan mencarinya di jagat maya ini <<sesuatu yang tampaknya penting. Tahun 2007, saya membuat akun di multiply, dan mulai merasakan nikmatnya membloging dengan teman-teman sejejaring. Saya mengenal istilah blogwalking karena kita dapat mengetahui update-an dari contact kita. Saya pikir, saya akan betah di sana, karena suasana tersebut ditambah dengan berbagai fitur seperti membuat album foto, video, review, dan postingan biasa (berupa tulisan). Namun nanti per Desember 2012 nanti, blog multiply saya akan dihapuskan dan berpindah ke sini

Wednesday, October 17, 2012

Saat-saat Kebenaran




Buku ini adalah kumpulan enam buah cerita pendek yang sudah diterbitkan sebelumnya. Cerita pertama berjudul Wahyu oleh Flannery O' Connor, cerita kedua berjudul Pengadilan S. Thomas More oleh Robert Bolt. Cerita ketiga berjudul Tuhan membenarkan dengan menguji ketabahan hati oleh Leo Tolstoy. Cerita keempat berjudul Prakiraan oleh Morris L. West. Cerita kelima berjudul Sonei Kenichi oleh seorang suster OSU, dan cerita keenam berjudul Selalu di hati oleh T.C. Lengyel.

Saat-saat Kebenaran
Kumpulan cerita pendek
Penerjemah: Tim Cipta Loka Caraka
Pengantar: Adolf Heuken, SJ
Penerbit: Cipta Loka Caraka
Cetakan kedua: 2001

Empat cerita pertama ini diperoleh dari buku kumpulan cerpen yang sudah terbit di Amerika dalam buku saku Moment of Truth oleh Dan Herr dan Joel Welless, New York 1968. Sedangkan Sonei Kenichi adalah sebuah kesaksian dari seorang suster terhadap pimpinan pasukan Jepang yang dulu bertugas di kampung Cideng, Jakarta. Cerita yang terakhir diterjemahkan dari allgemeine sonntagszeitung (sebuah harian di Jerman) tanggal 29 Oktober 1976.

Friday, October 5, 2012

Tragedi dan Rekonsiliasi 1965


Kalau ditanya tentang apa dan bagaimana perjuangan para pahlawan, mungkin kita akan dapat menjawab: Cut Nyak Dien menentang penjajah di Aceh, Pangeran Diponegoro berperang melawan Belanda selama lima tahun di Jawa, Pattimura di Ambon dan seterusnya. Tetapi, ketika kita ditanya, siapa itu Tan Malaka? apa ide pemikiran-pemikirannya. Itu juga barangkali masih bisa kita jawab, dikarenakan masih ada orang yang benar-benar berniat menulis tentang beliau seperti peneliti KITLV, Harry Poeze.

Namun, ketika ditanyakan apa itu Partai Komunis Indonesia? apa garis-garis besar pemikirannya? Sebagian besar dari kita kurang mau mengkritisinya namun cenderung menghakimi bahwa itu adalah partai terlarang pada masa orde baru, dan menyebutkannya saja haram, apalagi menjadi anggotanya. Tetapi taukah Anda, bahwa peristiwa terbesar di bumi nusantara ini menghabiskan nyawa penduduk Indonesia bukanlah peristiwa letusan Krakatau 1883 maupun tsunami Aceh 2004?