Monday, December 31, 2012

Secret Santa 2012 and Riddle


Inilah teka-teki dari Santa saya...luar biasa, saya endiri tidak menyangka akan sesulit ini. Selain teka-teki ini, alamat Santa yang jelas, tidak cukup membantu saya melacaknya...
Kalau buku hadiahnya? Ini dia...
buku nonfiksi, bakalan mabok lah saya untuk membaca demi review buku santa Januari 2013 mendatang :)







Saya salut dengan ilustrasinya,,,

Halaman 1
Gambar 1 Hello I'm a book hoarder. My pile if books are getting higher and higher
Gambar 2 Hercule Poirot is my hero
Gambar 3 and Harry Potter he always took away my sorrow..
Gambar 4 But although Bella Swan is so pretty Twilight Saga never been my cup of tea (Sorry!)

Halaman 2
Gambar 5 For me, children book are really fun, sometimes I pretend to buy it for my son
Gambar 6 But enough already with these rhymes! If you do have some time. Please come and visit me enjoy my tiny little library :)

Hasil analisis:
Dari halaman satu tidak ada tanda-tanda yang menunjukkan titik terang bagi saya. Dari halaman dua mulai terlihat, bahwa Santa saya adalah seoorang mommy yang memiliki putra. Nah inilah yang menjadi alat filter saya untuk menebak santa saya.
Lalu sepertinya ajakan untuk mampir ke perpustakaan kecilnya semoga bisa terealisasi :)

Sampai ketemu untuk menebak siapakah my dear Santa untuk tahun 2012 ini




Helvry
31 Desember 2012

Tuesday, December 11, 2012

Cerita Cinta Enrico



Novel tiga bab ini sangat menarik untuk dibaca sebagai bahan permenungan maupun sebagai bahan referensi sejarah. Ayu Utami mengemas peristiwa PRRI?Permesta yang dilancarkan oleh...di Sumatra Barat, Saksi Yehuwa, serta turunnya Soeharto dalam kisah yang dibawakan oleh Enrico. Enrico adalah tokoh utama novel ini. Ia menceritakan hidupnya dari mulai masa kecil hingga ia berusia lima puluhan.

Enrico membuka kisahnya dengan menceritakan kisah ibunya terlebih dahulu. Ibunya bernama Syrnie Masmirah dan ayahnya bernama Muhamad Irsad. Syrnie menginginkan anaknya diberi nama Enrico. Namun perihal nama itu dinilai ayahnya adalah nama yang kebarat-baratan. Akhirnya, Enrico diasimilasi menjadi Prasetya Riksa.Ibunya Enrico adalah perempuan yang berasal dari keluarga mampu dan berpendidikan tinggi. Hal itu digambarkan dalam kalimat seperti ini: Ibuku bisa membaca bahasa Jerman dan Inggris, bisa menunggang kuda, bermain polo, tenis, mengetik, mencatat dengan steno, bermain akordeon, membaca koran dan buku-buku tebal (h.5). Namun, akibat menikah dengan suaminya yang tentara, ibunya Enrico meninggalkan semuanya itu. Bersama dengan suaminya, ibu Enrico memasuki medan yang sama sekali tidak nyaman, dan untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga, ibu Enrico bersedia mengubah kemapanannya dengan menjual telur ayam.

Sunday, December 2, 2012

Pengumuman BloBukHel Present 2012: Inspiring People


Mohon maaf sebelumnya karena pengumuman BloBukHel Present 2012 ini mundur dari jadwal seharusnya, 30 November 2012. Keterlambatan tersebut disebabkan antara lain karena proses penilaian yang lumayan berat serta kendala teknis dimana pada tanggal 30 November kemarin, load kerja sedang tinggi-tingginya dan suatu kejadian di penghujung jam kantor yang membuat mood terganggu. Sabtu kemarin juga seharian tidak bisa posting karena ada acara di rumah. Karena itu, mohon maafkan saya...

Kembali ke tema yang diusung pada giveaway kali ini yaitu "Inspiring People", saya juga ingin membagi siapa yang menginspirasi saya untuk membaca. Sejak kecil, orang tua saya sudah membelikan bacaan kepada anak-anaknya (saya tiga bersaudara). Bacaannya bukanlah buku atau komik. Karena kedua jenis itu cukup mahal bagi kami. Meski begitu, orangtua kami tidak pernah pelit untuk membelikan buku pelajaran sekolah. Ayah saya, seorang majelis di gereja, dan ia sering membeli buku-buku terbitan BPK Gunung Mulia, dan seringnya buku-buku yang beliau beli adalah buku yang sifatnya renungan sehingga dapat dibaca anak-anak seperti saya. Beranjak sekolah, kami dibelikan majalah Bobo. Bobo menjadi 'jembatan' antara kami (yang tinggal di kota kecil) dengan kehidupan anak-anak modern (Jakarta). Dari Bobo, saya mengimajinasikan Dunia fantasi, Taman Mini Indonesia Indah, cerita Pak Janggut, Oki dan Nirmala, Husin dan Asta, dan sebagainya. Dan sayapun pernah terkenal di sekolahan karena pernah menang kuis "Uji Imajinasi" dan wesel senilai Rp25.000 pernah saya cairkan di kantor pos. Bacaan saya pada masa itu juga tergolong bukan untuk usia anak-anak, itu karena ayah saya berlangganan majalah Tempo, dan ibu saya berlangganan Kartini (kemudian berhenti dilanjutkan Tabloid Nova). Jadi kapan membeli buku? hampir tidak pernah! kecuali buku pelajaran. Satu-satunya jalan adalah ke perpustakaan di kota saya. Di situlah saya pernah membaca buku "Seratus Tokoh paling Berpengaruh"