Sunday, December 29, 2013

Sang Penjaga waktu by Mitch Albom



Biasanya, bila menjelang akhir tahun seperti sekarang ini, lazim pada kebanyakan orang untuk membuat kaleidoskop maupun membuat resolusi tahun baru. Yang menjadi obyek kaleidoskop yaitu kejadian/peristiwa pada masa lalu, sedangkan obyek resolusi adalah suatu keinginan atau cita-cita. Lalu pertanyaannya, apakah kondisi tersebut menunjukkan bahwa manusia sangat sadar akan kefanaannya, sehingga merasa perlu dan harus membuat pengingat bahwa hidupnya sementara? 

Fenomena yang terjadi pada kaum urban adalah kebanyakan orang ingin serba cepat. Naik kendaraan harus cepat. Beli gadget harus dengan kecepatan bla bla bla bla. Internetnya harus mengunduh dengan cepat. Proses administrasi harus cepat. Demikian juga iklan-iklan perumahan ataupun properti di tengah kota, dengan memberi label: "5 menit dari exit tol!" dan sebagainya-dan sebagainya yang menawarkan kecepatan menjadi brand-nya.

Saturday, December 28, 2013

Vita Brevis by Jostein Gaarder


Saya pernah membaca kata pengantar Eep Saefulloh Fatah pada sebuah buku, yang menyatakan bahwa ketika ia menjalani masa awal perkuliahan di Departemen Ilmu Politik Universitas Indonesia, ia mendapat saran mulia dari seorang pengajar senior:
" Jangan hanya baca buku-buku politik mutakhir, coba bacalah juga buku-buku filsafat, sejarah, biografi, dan sastra."
"Filsafat akan mengajari Anda tertib berpikir. Sejarah membuat Anda tahu dunia macam apa yang mengantarkan hidup Anda hingga tiba di hari ini. Biografi mengajari Anda bagaimana manusia dengan beragam karakter berinteraksi dengan zamannya. Lalu, sastra membuat sisi-sisi artistik dan kemanusiaan Anda terasah." 


Buku kecil ini memang kurang lebih 150 halaman, namun buku ini kecil ini menurut saya memiliki unsur-unsur yang disarankan oleh pengajar senior Eep yaitu filsafat, sejarah, biografi, dan sastra.  Dari judul Inggrisnya, yaitu That Same Flower: Floria Aemilia's Letter to Saint Augustine, buku ini merupakan surat dari Floria Aemilia yang ditujukan untuk menanggapi tulisan Agustinus dalam buku Confessions. Confessions merupakan buku autobiografi Agustinus, yang menceritakan masa lalunya yang penuh dosa sebelum Agustinus menjadi kristiani. Tentunya ketika bicara masalah keempat unsur di atas tadi, akan berkaitan dengan manusia itu sendiri.

Monday, December 23, 2013

Thank you santa :)




Divisi Event Blogger Buku Indonesia (BBI) kembali dengan program Secret Santa. Secret Santa (SS) adalah sebuah program berbagi buku di antara anggota BBI yang sudah mendaftar sebelumnya. Ini kali ketiga saya mengikuti program ini, dan ikut merasakan kemeriahan serta keseruannya. Tahun ini saya mendapat buku yang sudah saya masukkan di daftar keinginan Goodreads. Dan santa saya menghadiahkan dua buah buku yaitu "Pulang" karangan Leila S. Chudori. dan Saling Silang Indonesia-Eropa, kumpulan tulisan Joss Wibisono.

Sekilas mengenai buku Pulang, sebelumnya saya telah membaca novel (atau kumpulan cerpen?) karangan Leila S. Chudori, yaitu 9 dari Nadira. Saya tertarik untuk menggali cukilan fakta yang dipaparkan dalam buku tersebut. Saya tengah membaca buku Pulang ini, dan menemukan kondisi yang mirip, dimana penyebutan nama tempat dan peristiwanya dalam ceritanya benar-benar nyata. Saat menulis postingan ini, saya sudah berada di tengah-tengah buku, dan cukup menikmati aliran ceritanya.
Terkait dengan buku Saling Silang Indonesia-Eropa, saya juga menyukai kumpulan tulisan, karena saya mencoba belajar bagaimana menulis dengan tema tertentu, padat informasi dan argumentasi, namun dengan tidak terlalu panjang. Topik-topik yang disajikan juga sangat beragam. Yang jelas, dengan buku ini saya semakin memahami bahwa ada keterkaitan antara Indonesia dan Eropa.

Apa saja yang saya dapatkan selain dua buku itu? Sila melihat pada gambar berikut.



Di samping buku, santa saya turut melampirkan sebuah kartu pos bergambar Gereja Blenduk, Semarang, serta satu buah pembatas buku wayang. Dari benda-benda inilah saya harus menebak siapa secret santanya. Berikut saya tuliskan apa yang ada di balik kartu pos ini sebagai pembuka misteri:

Wish you a wonderful X-mas and a very happy new year
from: secret santa (moon goddess)

Keterangan yang minim ini membuat saya bingung. Namun, saya masih punya cukup waktu menebaknya, berdasarkan data-data lain yang saya miliki. Semoga saya dapat menebaknya dengan benar.

Thank you santa :)

Tautan peserta secret santa lain dapat dilihat di bawah:





Wednesday, December 4, 2013

Istri Tanpa Clurit (Kumpulan Cerita Pendek)



Istri Tanpa Clurit (Kumpulan Cerpen)
Pengarang: Bode Riswandi
Desain sampul dan ilustrasi: Nazarudin Azhar
Penerbit: Ultimus Bandung (Januari 2012)
xvi + 96 hlm
ISBN: 978-602-8331-40-1

Buku ini merupakan kumpulan cerita pendek karangan Bode Riswandi. Berisikan 10 cerita pendek. Karangan Bode sebelumnya, "Mendaki Kantung di matamu" pernah masuk 10 besar Khatulistiwa Literary Award tahun 2010. Covernya sangat unik, mewakili judul cerpen yang menjadi judul cover bukunya, gambar sebagian wajah perempuan dengan font yang terkesan 'horor' dan 'mistis'. Tidak lama menghabiskan 96 halaman buku ini, dalam satu jam, saya menyelesaikannya. Kesepuluh cerita pendek itu adalah sebagai berikut:

  1. Hari Kedua Belas
  2. Lukisan
  3. Riwayat Penyemir Lars
  4. Istri Tanpa Clurit
  5. Tamu Asing Ibu Menteri
  6. Menangisi Anjing
  7. Menjadi Teman Baik Pelacur
  8. Pelacur yang Mati di Kali
  9. Pelacur yang Disekap Sehari Menjelang Pemilukada
  10. Para Pembunuh

Tuesday, December 3, 2013

Pasung Jiwa




Sebelum menelaah novel ini, saya mencari apa arti kata "pasung". Menurut kamus besar bahasa indonesia (KBBI) online, pengertian pasung adalah: pasung /pa·sung/ n alat untuk menghukum orang, berbentuk kayu apit atau kayu berlubang, dipasangkan pd kaki, tangan, atau leher; memasung /me·ma·sung/ v 1 membelenggu seseorang dng pasung; memasang pasung pd...; 2 memasukkan ke dl kurungan (penjara); 3 ki membatasi (menghambat) ruang gerak: peraturan itu ~ kreativitas anak-anak; pasungan /pa·sung·an/ n 1 pasung; 2 penjara; pemasungan /pe·ma·sung·an/ n proses, cara, perbuatan memasung.

Judul: Pasung Jiwa
Penulis: Okky Madasari
Sampul: Rizky Wicaksono
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama (Mei 2013)
328 halaman
ISBN: 978-979-22-9669-3