Thursday, January 15, 2015

Asia Pacific History Reading Challenge 2015


"Jangan sekali-sekali melupakan Sejarah" demikian kalimat terkenal dari pemimpin bangsa kita, Soekarno. Di dalamnya terdapat makna bahwa tidak ada suatu kejadian atau peristiwa yang datang tiba-tiba. Bahwa masa lalu berkaitan dengan masa kini dan masa kini berkaitan dengan masa depan. Bagaimana memahami apa yang kita alami sekarang sangat erat kaitannya dengan memahami masa lalu.

Berhubung kita tinggal di benua Asia, kita pingin tahu, sebenarnya apa sih peristiwa masa lampau di sekitar kita yang terjadi? Dalam regional Asia, seberapa banyak yang kita tahu?   Karena itu, saya membatasi reading challenge ini pada tokoh dan peristiwa yang terjadi di Asia Pasifik.

Ide membuat reading challenge dengan tema sejarah sudah lama saya pikirkan, namun saya tidak mempunyai kesempatan yang luang untuk merancang logo maupun aturan-aturan mainnya. Tujuan reading challenge ini adalah di samping belajar tentang Sejarah, kita belajar bagaimana sejarah berkorelasi pada kehidupan saat ini. Adapun ruang lingkup Asia And Pacific History Reading Challenge ini yaitu:
  1. Peserta bisa berdomisili di seluruh Indonesia dan luar Indonesia,
  2. Buku-buku bertema sejarah yang berlokasi di Asia Pasifik, yaitu meliputi Benua Asia dan Australia.
  3. Bisa berupa buku nonfiksi seperti buku literatur, kumpulan esai. Namun, tidak menutup bagi buku fiksi yang berupa novel, yang tentu saja bertema fiksi sejarah (history fiction). Asalkan mengambil lokasi di Asia Pasifik.
  4. Peserta reading challenge tidak dibatasi minimal buku.
  5. Periode reading challenge adalah Januari s.d. Desember 2015
  6. Review buku tersebut dapat dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  7. Review berisikan tentang buku, sila berkreasi sendiri bagaimana isi reviewnya. Point pentingnya adalah di dalamnya ada meninjau, mengkritisi, serta berefleksi atas hasil pembacaan buku tersebut.
 Persyaratan dasar:
  1. Peserta diwajibkan untuk membuat master post Asia Pacific History Reading Challenge, namun tidak diwajibkan membuat wrap up posting-nya.
  2. Membuat banner  Asia Pacific History Reading Challenge di sidebar blog masing-masing.
  3. Membuat banner Asia Pacific History Reading Challenge di postingan yang berkaitan.
  4. Menyetor tautan postingan review pada kolom komentar di bawah ini.

Hadiah:
Akan ada dua kategori hadiah, yaitu untuk Fiksi dan Nonfiksi, dengan perincian sebagai berikut:
  1. Fiksi: Paket buku senilai Rp.100.000
  2. Nonfiksi: Paket buku senilai Rp200.000
cat. bila peserta cukup banyak dan buku yang direview juga cukup banyak, saya akan pertimbangkan akan membagi hadiahnya dalam dua semester dalam besaran yang sama. 

Selamat mengikuti, semoga kita bertambah ilmu, bertambah bijaksana.


Friday, January 9, 2015

Nonfiction Reading Challenge 2015







Tadinya saya mau buat History Reading Challenge untuk "menghabiskan" buku-buku saya yang bertema sejarah. Namun, setelah blogwalking dan menemukan Evyta membuat reading challenge ini, saya langsung tertarik untuk mengikutinya. Ternyata setelah saya perhatikan buku-buku nonfiksi saya, tidak akan mungkin dihabiskan dalam program baca bareng BBI.

Rencana saya, saya akan membaca buku berjenis biografi, sejarah, filsafat, teologi, dan tambahan buku semacam Chicken Soup. Saya tidak mau agresif. Dalam setahun empat buku saja sudah luar biasa. Sejujurnya dalam memburu buku, saya lebih senang dengan nonfiksi karena "umur"nya tidak tergantung pada trend seperti buku-buku fiksi pada umumnya. Tentunya mereview buku nonfiksi adalah tantangan cukup besar. Seperti Buku Krakatoa karangan Simon Winchester, saya menghabiskan waktu kurang lebih sebulan mengumpulkan data-data lain di luar buku tersebut, serta membuat reviewnya. Demikian juga buku yang bernuansa Arsitektur seperti Medan Merdeka karangan Adolf Heuken, SJ, saya menelusuri kembali Jalan Medan Merdeka di seputaran Monas, untuk mengerti bangunan-bangunan yang ada di sana.

Dan biasanya, buku-buku seperti ini saling berkaitan dengan buku lainnya. Jadi akhirnya saya mulai berburu karangan Simon Winchester lainnya yang berkaitan dengan kota-kota maupun buku-buku tentang wilayah tempo doeloenya Batavia Adolf Heuken.

Jika Anda tertarik, sila berkunjung ke laman host reading challenge ini.

Semoga saya berhasil :)